Pengertian
e-mail
E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk
elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang
paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan
alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan
kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu
yang sangat cepat dan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai ke
alamat yang dituju sesaat e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikluarkan pun
hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan/membuka
untuk menerima e-mail tersebut. Komunikasi menggunakan e-mail dilakukan dengan
cara mengaktifkan pesan yang akan kita kirim pada software yang dikhususkan
untuk keperluan ini, misalnya Microsoft Outlook.
Sejarah email & pengertiannya
Semuanya bermula pada tahun
1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan
ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang
disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan
singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk
menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan
satu sama lain.
Pada tahun 1971, seorang
insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG.
Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut
sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa
dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah
memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu
sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke
dalam kotak surat pada mesin yang sama.
Awalnya Ray bereksperimen
dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk
meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai
komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan
eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga
program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam
jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang
pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah
"QWERTYUIOP".
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada".
Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.
Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.
Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.
Komponen Email
Sebuah alamat email terdiri atas dua bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id, yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Jenis Email
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Kelebihannya :
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
Metode Pengiriman
Untuk mengirim email kita memerlukan suatu program mail-client. Email yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan
Mengakses Email
Email pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu email gratis. Email yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.
* Menggunakan 'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak email. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada".
Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.
Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.
Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.
Komponen Email
Sebuah alamat email terdiri atas dua bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id, yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Jenis Email
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Kelebihannya :
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
Metode Pengiriman
Untuk mengirim email kita memerlukan suatu program mail-client. Email yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan
Mengakses Email
Email pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu email gratis. Email yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.
* Menggunakan 'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak email. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
* Menggunakan program pengakses
email (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla
Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus
mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat
membaca email tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan
puluhan bahkan ratusan email dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama
sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan
fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian
biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
Etika penggunaan email
Etika dalam email sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
* Jangan mengirim email dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 1 mb). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas email penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia email juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran email yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya.
* Jangan mengirim lanjut (forward) email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
* Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
* Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
* Dan tentu saja, gunakan kata-kata dengan santun:). Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
Keamanan
Keamanan data di email tidaklah terjamin dan selalu ada resiko terbuka untuk umum, dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan oleh karena email itu akan melewati banyak server sebelum sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap email yang dikirimkan tersebut.
Email dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju dapat mendekripsi dan membaca email tersebut. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).
Perkembangan Email
Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum, baik itu email gratisan maupun yang berbayar. Saat ini banyak email berbasis web yang diberikan secara cuma-cuma oleh Telkom, Yahoo, Google, MSN, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 100 mb sampai yang tak terbatas.
Akibatnya, kini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya karena masyarakat lebih memilih email sebagai media penyampai pesannya
Etika penggunaan email
Etika dalam email sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
* Jangan mengirim email dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 1 mb). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas email penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia email juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran email yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya.
* Jangan mengirim lanjut (forward) email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
* Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
* Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
* Dan tentu saja, gunakan kata-kata dengan santun:). Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
Keamanan
Keamanan data di email tidaklah terjamin dan selalu ada resiko terbuka untuk umum, dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan oleh karena email itu akan melewati banyak server sebelum sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap email yang dikirimkan tersebut.
Email dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju dapat mendekripsi dan membaca email tersebut. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).
Perkembangan Email
Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum, baik itu email gratisan maupun yang berbayar. Saat ini banyak email berbasis web yang diberikan secara cuma-cuma oleh Telkom, Yahoo, Google, MSN, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 100 mb sampai yang tak terbatas.
Akibatnya, kini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya karena masyarakat lebih memilih email sebagai media penyampai pesannya
Manfaat/kegunaan
e-mail :
1. Media komunikasi
E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang
biasa dilakukan secara persoal atau umum (komunitas).
2. Media pengiriman
Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh
dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat
e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda
bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
3. Efektif, efisien, dan murah
Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif,
efisien, dan murah. Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke
kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui
koneksi internet dan alamat e-mail anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat
tujuan dan tidak perlu biaya mahal.
4. Media promosi
Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis
online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan
memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.
5. Media informasi
Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi
terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan
informasi dari media yang anda tentukan.
6. Membuat blog atau website
Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website.
7. Sosial media
Dengan e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau
orang lain. Baik menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial
seperti facebook, twitter, atau google.
Kelebihan dan kekurangan email
· Kelebihan menggunakan email :
- Cepat/sangat cepat karena hanya perlu beberapa menit .
- Mudah karena kita cukup mengetik di komputer .
- Multiple send dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus.
- Dapat mengirim file attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain.
- Kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu.
- Biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia
- Cepat/sangat cepat karena hanya perlu beberapa menit .
- Mudah karena kita cukup mengetik di komputer .
- Multiple send dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus.
- Dapat mengirim file attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain.
- Kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu.
- Biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia
· Kekurangan menggunakan email :
- harus online [ connect ke internet ]
- text dan gambar only yang dapat dikirim [ tidak bisa kirim paket / barang hehehe ]
- tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas ataubelum
-harus ingat username dan password
- ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.
- harus online [ connect ke internet ]
- text dan gambar only yang dapat dikirim [ tidak bisa kirim paket / barang hehehe ]
- tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas ataubelum
-harus ingat username dan password
- ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.
MENGENAL
FASILITAS E-MAIL
Beberapa fasilitas e-mail antara lain
sebagai berikut :
· Inbox
Merupakan tempat menyimpan surat atau
e-mail sebagai mana layaknya sebuah folder penyimpanan file di dalam komputer.
Inbox dapat digunakan untuk memeriksa surat, membaca serta mengelolanya.
· Check Mail
Merupakan fasilitas link perintah untuk
mencek surat – surat yang baru masuk atau membaca surat – surat lama yang
berada di Inbox.
· Compose
Merupakan fasilitas link perintah untuk
menampilkan lembar pembuatan surat baru yang akan dikirim
· Folders
Merupakan fasilitas pengarsipan bagi
surat – surat, baik surat yang telah terkirim maupun surat yang telah diterima.
· Address Book
Merupakan fasilitas untuk membuat yang
menyimpan daftar alamat e-mail penting (misalnya e-mail relasi dan rekan).
· Reply
Merupakan fasilitas link perintah untuk
menampilkan lembar pembuatan surat balasan berdasarkan sebuah e-mail yang telah
dibaca. Melalui fasilitas ini, tidak perlu lagi mengetik alamat e-mail tujuan
dan judul surat, cukup mengetik pesan balasan di atas pesan yang diterima.
· Forward
Merupakan fasilitas untuk mengirim
kembali sebuah e-mail yang diterima tanpa melakukan perubahan pada isi e-mail.
· Trash
Merupakan tempat pembuangan sementara
di e-mail yang sudah di hapus dan tidak diperlukan lagi.
· Attachment
Merupakan fasilitas untuk menyertakan
data lampiran pada pesan e-mail yang akan dikirim ( misalnya file dokumen atau
foto)
· Option/Configuration
Merupakan fasilitas untuk mengatur
account e-mail seperti mengubah data personal, memberi tanda identitas otomatis
pada bagian akhir setiap surat, memblokiran alamat e-mail tertentu, pengubahan
password dan sebagainya.
· Bulk Mail
Merupakan fasilitas tambahan yang
disediakan situs-situs tertentu untuk menyaring dan menyimpan scara otomatis
penerimaan e-mail baru yang dianggap tidak penting atau mengganggu seperti
e-mail promosi atau sejenisnya.
· Signature
Merupakan fasilitas pemberian tanda
identitas pengirim surat otomatis yang akan selalu disertakan pada bagian akhir
setiap e-mail baru yang dikirim (dapat dibuat melalui fasilitas option).
Cara Membuat Email Gratis di Gmail (Google Mail)
Ini
adalah layanan email gratis favorit saya. Selain bisa membuat email dengan
gratis, kita juga bisa membuat akun Google plus dengan mudah bila sudah
memiliki akun Gmail.
1.
Langkah pertama, kunjungi situs Google mail
2.
Klik tombol “Create an account” atau “Buat akun” yang ada di sebelah kanan atas
halaman Google mail.
3. Isi kolom-kolom yang ada pada
halaman pengisian dengan data Anda:
- Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
- Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan
- Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
- Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
- Tanggal lahir: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
- Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
- Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
- Buktikan bahwa Anda bukan robot: isi dengan kode (2 kata dengan spasi) yang ada di halaman tersebut
- Lokasi: isi sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
- Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
- Klik tombol “Langkah berikutnya”
4.
Langkah selanjutnya adalah menyiapkan profil Anda dengan menambahkan foto
profile Anda. Untuk menambahkan foto, silahkan klik tombol “Tambahkan Foto
Profil”. Anda bisa memasukkan foto dari komputer. Setelah selesai mengatur foto
profil, klik tombol “Langkah berikutnya”.
5.
Voila, akun email di Google sudah selesai dibuat. Silahkan klik tombol
“Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman email Anda.
Cara
Membuat Email di Yahoo Mail
Layanan
email gratis dari Yahoo sangat banyak digunakan orang. Selain email gratis,
kita juga otomatis akan bisa mendaftar ke layanan Yahoo Messenger untuk
chating.
1.
Langkah pertama, kunjungi situs Yahoo mail
2.
Klik tombol “Buat Account Baru” di bagian atas kanan halaman Yahoo mail.
3.
Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:
- Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
- Pilih ID Yahoo!: pilih alamat email yang Anda inginkan di Yahoo
- Pilih kata sandi: isi dengan sandi yang Anda inginkan dan mudah diingat
- Ketik ulang kata sandi: masukkan lagi sandi Anda
- Saya lahir pada: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
- Saya tinggal di: pilih negara dimana Anda tinggal
- Ponsel: isi dengan nomor HP Anda, untuk keamanan
- Email Alternatif: isi bila Anda punya email lain, kosongkan bila memang tidak ada
- Klik tombol “Buat akun saya”
3.
Langkah selanjutnya adalah mengisi pertanyaan rahasia, ini dibutuhkan untuk
menjaga keamanan akun email Yahoo Anda. Di sini Anda harus memilih pertanyaan
dari pertanyaan 1 dan 2, serta tentukan jawaban Anda. Pilihlah pertanyaan yang
jawabannya mudah Anda ingat. Dan jangan lupa mengisi nomor ponsel Anda pada
kolom yang sudah disediakan. Pada halaman ini Anda juga perlu untuk memasukkan
kode anti spam. Setelah selesai mengisi kolom-kolom yang disediakan, klik
tombol “Selesai”.
4.
Voila, email Anda di Yahoo sudah selesai dibuat. Langkah selanjutnya Anda bisa
klik tombol “Persiapan Awal” untuk masuk ke halaman email Anda.
Cara
Membuat Email di Hotmail
Layanan
email gratis Hotmail ini disediakan oleh Microsoft.com. Memang tidak sepopuler
Gmail dan Yahoo mail, tapi layanan ini sangat banyak digunakan orang.
1.
Langkah pertama, buka situs Hotmail
2.
Klik tombol “Sign up now” pada bagian kanan bawah halaman Hotmail.
3. Isi
kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:
- Name: isi dengan nama depan dan nama belakang Anda
- Birth date: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
- Gender: pilih jenis kelamin
- Microsoft account name: isi dengan alamat email yang Anda inginkan di akun Microsoft Anda
- Create password: isi dengan sandi yang Anda inginkan
- Reenter password: masukkan kembali sandi Anda
- Phone number: isi dengan nomor HP Anda, untuk keamanan akun email
- Alternate email address: isi dengan alamat email Anda yang lain, kosongkan bila tidak ada. Bila Anda tidak mengisi email alternatif maka Anda harus mengisi pertanyaan dan jawaban rahasia untuk menjaga keamanan akun email Anda.
- Country region: pilih negara tempat tinggal Anda
- Postal code: isi dengan kode pos Anda
- Enter the characters you see: isi dengan karakter yang Anda lihat, ini untuk mencegah spam
- Lalu klik tombol “I Accept”
4. Akun email Anda di
Hotmail sudah jadi. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol “Continue to
inbox” untuk melihat halaman email Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar